Apa yang harus diingat dari iklan Digital?
Sebelum mendefinisikan periklanan online , juga disebut periklanan digital, periklanan elektronik atau periklanan online, ada baiknya mengingat kembali apa itu periklanan tradisional. Menurut Le Dictionnaire Robert, itu adalah "tindakan mengerahkan tindakan psikologis pada publik untuk tujuan komersial".
Di web, secara historis, istilah periklanan online awalnya mengacu pada iklan spanduk dalam format gambar atau teks yang mempromosikan merek, produk, atau layanan. Oleh karena itu, ini hanya mengacu pada iklan bergambar. Kami kemudian benar-benar berada dalam kerangka definisi Robert yang dikutip di atas. Namun, dengan perkembangan saat ini, kami sekarang dapat mendefinisikan iklan online sebagai tindakan apa pun yang bertujuan untuk mempromosikan produk, layanan, merek, atau organisasi kepada sekelompok pengguna Internet dan/atau pengguna seluler untuk mendapatkan imbalan. Namun, satu pertanyaan tetap: mengapa periklanan digital?
Mengapa melakukan iklan digital?
Di era digital, kertas mengambil pensiun dini. Ini dalam bentuk untuk saat ini tetapi dalam beberapa tahun, itu bisa dengan cepat menjadi kenyataan yang tak terbantahkan. Karena jika 30 tahun yang lalu, baliho adalah atraksi nyata, berbeda dengan hari ini. Karena media telah menyoroti iklan digital selama beberapa waktu.
Iklan itu mahal. Mereka mewakili sebagian besar anggaran awal perusahaan. Namun, masalah ini dengan cepat dielakkan oleh iklan digital. Jika dengan iklan tradisional kita membatasi diri pada suatu target tertentu, lain halnya dengan iklan digital.
Yang terakhir membuka pintu ke kumpulan global, yang mewakili tambang emas asli untuk perusahaan mana pun. Selain itu, biayanya lebih rendah dibandingkan dengan iklan konvensional. Ambil contoh poster iklan raksasa yang menganjurkan manfaat sampo. Poster itu menghabiskan sejumlah uang sementara Anda bahkan tidak yakin bahwa semua orang yang akan lewat akan melihatnya.
Ini berarti Anda membayar iklan untuk semua orang, sedangkan untuk iklan digital, kami hanya membayar lalu lintas yang benar-benar dihasilkan oleh kampanye Anda. Iklan digital bekerja berdasarkan hasil. Yang tidak mungkin dicapai dengan kampanye poster klasik.
Bagaimana itu bekerja ?
Iklan digital dalam bentuk Banner:
Iklan spanduk, juga disebut iklan DISPLAY, mengacu pada kotak, spanduk, dll. dan menawarkan berbagai kemungkinan kepada pengiklan dalam hal konten dan format. Iklan banner sudah ada sejak tahun 90-an di internet. Memang sejak kemunculan iklan di internet, mereka mengizinkan semua jenis perusahaan untuk membagikan konten iklan mereka. Iklan spanduk digital bersifat grafis dan seringkali dalam format spanduk. Anda mengenalnya dengan baik, dia muncul di mana-mana di sebelah kanan, di sebelah kiri.
Tujuannya adalah untuk menarik pengunjung agar mengklik link yang tersembunyi di baliknya.
Spanduk dapat ditampilkan dalam beberapa format secara horizontal atau vertikal dan harus menghormati kriteria ukuran yang ditentukan oleh situs web dan platform periklanan.
Kampanye spanduk menggunakan jenis tawaran BPK (biaya per klik), BPS (biaya per seribu), dan BPA afiliasi (biaya per tindakan). Tarifnya sangat berbeda dan sering dikaitkan dengan lalu lintas halaman tempat Anda ingin menampilkan spanduk. Oleh karena itu, ukurannya harus sesuai dengan standar dan dipecah menjadi 4 format besar:
Spanduk horizontal klasik (468x60px)
Spanduk pencakar langit vertikal (60x600px atau 120x600px)
Blok (300x250px)
Persegi (250x250px)
Iklan teks Iklan teks mengacu pada semua teknik yang digunakan untuk menampilkan iklan Anda di hasil mesin pencari. Kita berbicara tentang pemasaran pencarian dan kata kunci di sini. Jelas, pengiklan menempatkan tawaran pada kata-kata untuk muncul dalam prioritas pada pencarian pengguna.
Sebagian besar investasi periklanan sekarang dilakukan di jaringan periklanan Google Ads, diikuti oleh Google Bing Ads dan Yahoo Ads.
Mengenai platform Google Ads, perlu dicatat bahwa belakangan ini banyak berkembang. Dan jaringan Adwords saat ini adalah pemain periklanan terbesar di dunia. Google menawarkan kepada pengiklan beberapa cara untuk menampilkan iklan mereka, seperti Google Shopping, yang memungkinkan Anda untuk menampilkan produk Anda sesuai dengan atribut tertentu. Tetapi juga area ADS di atas hasil pencarian organik (yaitu bebas iklan). Hal ini memungkinkan untuk ditampilkan pada halaman pertama.
Pengoperasian Google Ads didasarkan pada sistem lelang dan kata kunci. Google-lah yang menentukan dasar lelang, sehingga Anda bersaing langsung dengan pemain lain di pasar Anda.
Beberapa alat Google tersedia bagi pengiklan untuk menemukan kombinasi kata kunci terbaik, seperti Perencana Kata Kunci di Google Ads.
Sederhananya, katakanlah pengiklan menetapkan tawaran untuk iklan teks yang kemudian ditayangkan ke mesin telusur.
Penggunaannya relatif sederhana tetapi pekerjaan nyata di hulu sangat penting untuk mendapatkan laba atas investasi yang konsisten.
Periklanan Penargetan Ulang
Apakah Anda suka kue? Tidak perlu memikirkan cokelat atau kue, kita berbicara tentang cookie navigasi yang melacak pengguna Internet sesuai dengan atraksi dan kebiasaan browsing mereka.
Iklan penargetan ulang menggunakan cookie yang dipersonalisasi untuk menampilkan iklan yang sesuai, semakin relevan mereka datang untuk mengingatkan pengguna Internet tentang keberadaan produk ketika, misalnya, mereka meninggalkan toko online. Jadi ini semacam tembakan booster 2.0. Ini menjadi lebih menarik ketika Anda mengetahui bahwa sebagian besar pengguna Internet meninggalkan toko online tanpa mengkonfirmasi pesanan untuk pertama kalinya. Setelah 5 kunjungan rata-rata pembelian dilakukan.
Oleh karena itu, menampilkan spanduk kepada pelanggan yang “sudah tertarik” merupakan peluang untuk menargetkan prospek yang lebih berkualitas daripada menampilkan spanduk yang sama kepada pengunjung biasa.
Beriklan di YouTube
Dan ya, YouTube adalah salah satu jejaring sosial terpenting dan untuk alasan yang bagus ini adalah situs ke-2 yang paling banyak dikunjungi di dunia! Pemilik Alphabet (Google) YouTube menawarkan saluran distribusi media yang berfokus pada video yang direkam dan baru-baru ini pada video langsung.
Untuk mempromosikan bisnis Anda di YouTube, Anda memerlukan akun AdWords (ingat bahwa Google Ads adalah alat periklanan Google)
Langkah pertama adalah membuat saluran YouTube untuk bisnis Anda dan mengisi informasi sebanyak mungkin tentang akun tersebut.
Pilih kata kunci yang paling relevan untuk judul dan deskripsi Anda.
Gunakan nama video sebelum mengimpornya sesuai dengan video Anda.
Tulis deskripsi lengkap dengan setidaknya 400 kata. Teks jauh lebih baik direferensikan daripada konten gambar atau video.
Kami menyarankan Anda memfokuskan upaya Anda untuk membuat deskripsi yang cukup panjang agar menonjol di mesin telusur.
Menggunakan thumbnail yang sesuai juga penting serta membagikan video Anda di jejaring sosial Anda yang lain untuk memperluas visibilitas Anda.
Setelah video Anda online, Anda dapat membuat kampanye promosi dari YouTube langsung dengan halaman pembuatan kampanye, atau langsung dari antarmuka AdWords Anda.
Jaringan sosial
Raja periklanan digital adalah jejaring sosial, yang saat ini memusatkan hampir semua anggaran perusahaan untuk periklanan digital.
Nomor 1 tanpa perdebatan apapun Facebook yang baru-baru ini ditembaki dalam urusan Facebook-Cambridge untuk "terlalu" pengetahuan yang baik dari data pribadi penggunanya
Jaringan Mark Zuckerberg memang sangat efisien karena menawarkan kemungkinan menghasilkan publikasi yang sangat bertarget dan relevan untuk menjangkau ceruk konsumen Anda, dengan jumlah lebih dari 1 miliar pengguna yang memusingkan, Anda tentu akan menemukan konsumen untuk ditempatkan di hadapan iklan Anda. Membuat iklan Facebook memerlukan akun pribadi, halaman bisnis, dan posting unggulan. Fitur Boost memungkinkan Anda memonetisasi publikasi dengan cepat dalam dua atau tiga klik. Jadi Anda dapat dengan mudah meningkatkan visibilitas Anda secara signifikan. Alat yang lebih canggih seperti pengelola iklan Facebook atau editor canggih memungkinkan Anda mengelola kampanye yang lebih kompleks.
Menargetkan pemirsa adalah permainan anak-anak dengan demografi seperti lokasi, usia, jenis kelamin….
Anda juga dapat menyimpan pemirsa khusus untuk digunakan di lain waktu.
Jejaring sosial tidak berhenti di Facebook meskipun sangat hadir juga menarik untuk dilihat dari sisi Instagram dan twitter. Instagram adalah jaringan berorientasi gambar dan video dengan kehadiran yang kuat di kalangan anak muda. Ini menawarkan kemungkinan menargetkan audiens yang dinamis dan kreatif. Pembuatan iklan di Instagram berjalan langsung melalui alat periklanan Facebook. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki akun untuk berkomunikasi di media ini.
Iklan asli atau iklan asli
Ini adalah bagian integral dari pemasaran konten dalam kategori iklan yang dimonetisasi. Iklan asli adalah bunglon periklanan internet. Idenya adalah untuk mengintegrasikan iklan ke dalam konten klasik yang ada untuk menarik pengguna Internet. Dan terkadang bahkan membuatnya meragukan sifat iklan dari konten. Oleh karena itu iklan dimasukkan ke dalam konten, artikel blog misalnya yang akan direferensikan dengan baik dan menarik dapat mengintegrasikan konten iklan dengan sempurna. Jenis periklanan serta seni menyamarkannya memungkinkan untuk beriklan jauh lebih tidak mengganggu.
Bagaimana cara menentukan anggaran kampanye digital?
Kampanye digital Anda harus memenuhi tuntutan profitabilitas dan anggaran.
Anda harus mempertimbangkan 3 kriteria utama:
1- Tujuan kampanye dan kriteria penargetan Anda
2- Lokasi di mana media iklan digunakan
3- Durasi visibilitas kampanye Anda
Elemen-elemen ini akan mempengaruhi harga iklan Anda. Beberapa aspek lain menjadi pertimbangan seperti pilihan biro iklan eksternal, biaya pembuatan media (Grafik, Video, Gambar).
Ada tiga model bisnis utama untuk periklanan digital. Strategi Anda akan menentukan model yang paling cocok.
Pendeknya
Iklan digital ada di mana-mana di internet dan menjangkau jutaan konsumen. Menemukan merek Anda di hutan ini membutuhkan eksperimen dan pemahaman penuh tentang mekanisme masing-masing pemain dalam periklanan digital. Tidak ada media yang lebih baik. Setiap kebutuhan komunikasi harus dipelajari untuk menemukan saluran pencarian calon pelanggan terbaik. Dan dengan demikian menjangkau pelanggan sebanyak mungkin.
Di BARANGKALI ADA kami menyarankan untuk tidak langsung mencari persaingan. Ingatlah bahwa merek besar menghabiskan ribuan atau bahkan jutaan dolar untuk pemasaran digital. Akan selalu ada yang lebih kuat dan lebih kaya dari Anda, membangun strategi yang koheren untuk mengharapkan hasil yang realistis akan memberi Anda lebih banyak kepuasan daripada kegagalan melalui ambisi yang berlebihan. Ditemani dalam kampanye pemasaran digital pertama selalu menguntungkan, menawarkan diri Anda pengalaman pertama yang baik dengan sumber daya manusia yang berkualitas akan memungkinkan Anda untuk selanjutnya mengelola kampanye Anda sendiri.
0 Komentar